Maladdup adat istiadat khas kampung Bebanir Bangun

8:07 PM
Maladdup di bangun
Ada sebuah kegiatan unik dan seru di kampung Bebanir Bangun. Selain Manyukku ada lagi yang lebih seru yaitu Maladdup. haha terdengar asing ya.. Maladdup berasal dari bahasa asli berau yang arti nya meledak hahaa.. hancur kampung kalau begitu. Tapi tidak seseram itu, Maladdup di sini adalah kegiatan menyangrai padi sampai menjadi poprice hampir mirip dengan kembang jagung tetapi ini dari padi.

Dilakukan menggunakan peralatan sederhana seperti wajan dan masih menggunakan kayu bakar, alat untuk mengaduk nya pun masih terbuat dari kumpulan ranting padi yang di ikat menyerupai sapu.

Biasanya Adat Maladdup ini di lakukan pada bulan bulan tertentu khusus nya pada bulan Safar atau bulan na'as. dan kegiatan ini di lakukan pagi pagi sekali dan di lakukan di pinggir jalan. semua warga akan turut serta di depan rumah masing masing untuk melakukan kegiatan Maladdup ini.

Adat ini di lakukan untuk tolak bala, warga percaya pada bulan safar pada kalender Hijriah adalah bulan panas dan banyak kesialan, maka dari itu mereka mengadakan ritual tolak bala tersebut, selain Laddup (hasil dari Maladdup) biasanya juha warga membuat ketupat ketan dan di serah kan kepada pegawai mesjid untuk di bacakan do'a selamat. Tertarik untuk menyaksikan kemeriah dan keunikan adat Maladdup khas Bebanir Bangun..?? Nah silah kan datang saja dan saksikan sendiri keseruan nya.
Previous
Next Post »
0 Komentar