"Kapunan" Fakta tau Mitos.?

10:36 PM
Adat dan kepercayaan pasti berlaku di setiap daerah atau sukku bangsa, tak terkecuali di kampunga bebanir bangun juga mempunyai kepercayaan yang bisa di bulang unuk, enah ini ada lah sebuaah fakta atau mitos. Ada sebuah kepercayaan orang bebanir salah satu nya adalah "Kapunan"

Kapunan dapat di artikan dengan ketiban sial, kapunan ini biasa nya berlaku saat seseorang yang berkunjung atau bertamu di suguhkan makanan atau minunan, kemudian orang tersebut tidak meminun atau memakan makanan tersebut. Nah biasa nya untuk suku berau hal tersebut sungguh di anggap sebuah pantangan, biasa nya orang yang tidak memakan atau meminun setidak nya mencicipi suguhan makanan tersebut akan tertimpa kesialan bisa berupa kecelakaan atau kesialan lain nya.

Entah " Kapunan " itu adalah sebuah fakta atau masih mitos, itu ada sebagian kepercayaan masyarakat kampung bebanir bangun, belum ada teori atau penelitian yang bisa menjelas kan fakta tersebut, tetapi biasa nya kesialan itu akan terjadi bagi sesorang yang Kapunan*).

Itu hanyalah tentang sebuah kepercayaan yang telah turun temurun, entah itu adalah fakta atau mitos, tapi sebaik nya cicipilah walau terasa kenyang saat di suguh kan makanan oleh seseorang yang sudah berniat baik, karena itu salah satu sifat sopan santun dan cara kita menghargai pemberian orang lain.

Salam blogger..
Previous
Next Post »
0 Komentar