5 Dampak dari Kebiasaan Tidur Larut Malan

10:34 AM
Insomnia.!!!

Pola tidur yang terganggu mengakibat kan seseorang susah untuk tertidur di malam hari karena rasa mengantuk yang enggan kunjung datang. Kebiasaan yang sering di sebut dengan Insomnia ini di tandai dengan susah nya untuk memulai tidur di malam hari yang berujung dengan begadang sampai larut malam bahkan parah nya hingga pagi baru tertidur. Normal jumlah jam tidur dalam sehari adalah 7-8 jam.


Keadaan seperti ini sanggat mengganggu bagi sebagian orang yang biasa melakukan aktivitas di pagi hari nya, karena saat malam tidak bisa tidur secara otomatis di pagi hari susah bangun karena rasa kantuk yang begitu berat. Tau kah anda bahwa sebenar nya Gangguan Pola tidur atau Insomnia ini sebenar nya sangat merugikan untuk kesehatan. Berikut dampak buruk dari Begadang antara lain :
1. Menganggu Tingkat Konsentrasi

Pola tidur yang terganggu dapat berdampak pada menurun nya tingkat konsentrasi seseorang. Rasa kantuk yang terjadi di siang hari bisa mengganggu tingkat konsentrasi, kewaspadaan, serta fokus untuk sebuah kegiatan terutama saat belajar. Tidur di malam hari dapat meningkat kan dan menguat kan daya memori atau ingatan seseorang.

2. Resiko terserang penyakit 
Seorang yang sering begadang di malam hari rawan terserang penyakit daripda seseorang yang biasa dengan pola tidur yang teratur. beberapa penyakit yang bisa menyerang seorang yang selalu tidur larut seperti :
  • Penyakit Jantung
  • Serangan Jantung
  • Gagal Jantung
  • Perubahan Tekanan Darah
  • Stroke
  • dll.

3. Menurun nya  Gairah Sexual
Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat. Bagi pria yang mengidap sleep apnea- masalah pernapasan yang mengganggu saat tidur, menyebabkan gairah seksual melempem. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism 2002 menunjukkan, hampir semua orang yang menderita sleep apnea memiliki kadar testosteron yang rendah. Dan hampir setengah dari orang yang menderita sleep apnea parah memiliki tingkat testosteron yang rendah pada malam hari.

Sumber: http://kesehatan96.blogspot.com/2013/04/penyakit-akibat-sering-begadang.html#ixzz4bPtdP2jD


4.Perubahan bentuk wajah
Seorang yang sering tidur larut secara otomatis.akan berdampak pada raut wajah yang di tandai dengan muka kusam, wajah pucat karena kurang darah, stress, mata panda (bagian bawah mata menghitam).

5.Depresi
Gangguan pola tidur juga dapat meningkat kan depresi pada seaeorang, orang yang mengalami kurang jam tidur sering sekali tertekan karena pikiran dan upaya untuk bisa tertidur tetapi tidak bisa tertidur juga. sehingga strees yang di alami akan terus berkelanjutan seperti itu.

Berikut beberapa dampak buruk dari Bergadang atau Insomnia. Baca Juga 5 cara Ampuh Atasi Insomnia


Previous
Next Post »
0 Komentar