Ancur Paddas Kuliner Khas Bebanir Bangun

8:05 PM
Kampung Bebanir Bangun tidak hanya memiliki adat istiadat yang unik dan suku barrau yang bersahaja, selain itu Kampung Bebanir Bangun juga memiliki kuliner khas dari kampung yang berada tidak jauh dari pusat kota Tanjung Redeb Berau ini.
Ancur Paddas (Bubur Pedas) khas berau
Ya betul sekali, kuliner khas suku berau adalah Ancur Paddas, di lihat dari nama nya yang mempunyai arti Bubur Pedas itu tentu rasa bubur satu ini terasa sedikit pedas. Di Kampung Sei Bebanir Bangun, bubur ini biasa nya di sajikan saat ada upacara adat atau kegiatan selamatan. Ancur Paddas ini kadang di sajikan saat perayaan Bapallas Bidan atau naik ayunan bagi warga yang baru melahirkan.

Untuk melestarikan kuliner khas berau ini, Pemerintah terkadang melakukan perlombaan membuat Anccur Paddas ini, bahkan ada satu rumah makan juga menyediakan menu makanan anccur paddas. 

Ada satu lagi yang kadang tidak terlalu terekpos oleh media, selain accur paddas ada pula air paddas, air yang di buat dari rebusan jahe ini biasa nya di minum oleh ini yang baru saja melahir kan, konon kata nya bisa manpu mengembalikan bentuk perut ibu setelah melahir kan juga bisa membuat ibu tersebut tetap sehat dan kuat. Sekian sekilas tentang kuliner khas Berau. berminat mencicipi silah kan datang ke salah satu warung makan yang ada di pusat kota Tanjung Redeb Berau.
Previous
Next Post »
0 Komentar