Kampung Sei Bebanir Bangun

7:55 PM
Kampung Sei Bebanir Bangun adalah salah satu kampung yang berada di daerah Kabupaten Berau tepat nya di Kecamatan Sambaliung. Kampung yang terletak di pinggir pusat kota Tanjung Redeb ini bisa di tempuh kurang lebih dengan 15 sampai 20 menit perjalanan darat dari pusat kota. Kampung yang di pimpin oleh kepla kampung atau kepala desa ini memiliki penduduk dengan mayoritas suku Barrau atau yang lazim di kenal dengan suku Banua.

Suku Barrau atau suku Banua asli masih banyak di temukan di kampung sei bebanir bangun ini atau yang lebih di kenal dengan kampung Bangun. Kampung Sei Bebanir Bangun terbagi atas dua kampung yang di sebut dengan Kampung Baru dan Kampung Lawas. tidak ada Pembatas mutlak untuk kedua kampung tersebut, hanya berdasarkam pemetaan daerah saja.

Kampung lawas atau dalam arti indonesia adalah kampung lama, di sebut demikian karena penduduk kampung Lawas lebih dulu mendiami atau berpindah tempat dari tempat asal orang bebanir yaitu di Bebanir itu sendiri. Kampung Bebanir yang dulu nya berada di daerah hulu kini menyisah kan kenangan dan hutan yang masih asri. semua warga berpindag dari Kampung Bebanir (kampung asli sebelum pindah ke kampung bangun) di karenakan ada nya wabah penyakit (konon cerita nya seperti itu dari sesepuh yg admin dpt kan).

Kemudian di susul dengan perpindagan penduduk yang baru yang kini di sebut dengan Kampung Baru. terdapat 6 RT yg terbagi dari 3 RT berada di kampung Baru dan 3 RT berada di Kampung Lawas. Sekian penjelasan singkat mengenai Kampung Bebanir Bangu
Previous
Next Post »
0 Komentar